PinLinkedIn
Koperasi “KSU LESTARI” Memasuki Era Teknologi Digital Bersama Adil Organik Indonesia

Sabtu, 25 Februari 2023.  Hari sudah jelang siang, jarum jam menunjukkan sepuluh tiga puluh, ketika Adil Organik berkunjung ke kantor KSU Lestari yang beralamat di  Kampung Cijeruk, RT1, RW 5, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor.  Kantor Koperasi KSU Lestari ini menempati sebuah bangunan permanen dua lantai yang memadai untuk melayani anggotanya yang mencapai 300 orang lebih. 

 

“Meskipun hari ini masih kontrak rumah, mimpi kami ke depan KSU Lestari akan memiliki kantor milik sendiri yang akan dibangun kira-kira dekat dengan pintu toll Bocimi”, ujar Pak Imang sebagai salah satu Dewan Pengawas KSU Lestari yang sempat ngobrol santai sebelum meeting dengan pengurus yang lain.  Mimpi yang layak untuk segera diwujudkan, oleh karena KSU Lestari merupakan koperasi yang telah dirintis sejak lama. Mungkin sekitar tahun 2000 an yang di awali dengan program pertanian organik bersama-sama dengan ELSPPAT (LSM yang berkantor di Kota Bogor) yang kemudian inisiatif ini bermetamorfosa menjadi berbadan hukum Koperasi hingga hari ini. 

KSU Lestari

Beradaptasi dengan Kekinian


Sebelum mencapai mimpi punya kantor sendiri tersebut, dalam meeting atau lebih tepatnya diskusi informal antara Adil Organik Indonesia dan KSU Lestari, disepakati untuk menjalin kerja sama dalam membangun sebuah website kekinian dan dapat menjadi media outreach bagi KSU Lestari untuk menyampaikan kerja-kerja nyata dalam  pencapaian visi dan misinya kepada publik.  Sebagaimana bunyi visi KSU Lestari yang terpanjang dengan apik di ruang tamu kantor ini yaitu “KSU Lestari menjadi lembaga sosial ekonomi terpercaya dalam meingkatkan kesejahteraan anggota”.

KSU Lestari Visi Misi

Hadir dalam meeting ini, Ketua Pengurus KSU Lestari Ibu Holilah dan Pak Imang mewakili Dewan Pengawas.  Sementara dari Adil Organik Indonesia diwakili oleh Chief Executive Officer Bapak Paulus Gandi Bayu. “Tantangan saat ini adalah bagaimana KSU Lestari dapat mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Digital dalam menjalankan program dan kegiatannya. Dan salah satu alat kunci itu adalah adanya sebuah website, Ujar Bayu.   Merespon itu, Ibu Holilah sebagai Ketua Pengurus mempertanyakan, “Bagaimana jika ada kendala teknis ketika pembangunan website maupun pasca itu “?   Secara tegas Bayu menyampaikan bahwa Adil Organik akan memberikan support terkait dengan hal tersebut karena selain adanya kontrak kerja sama yang di tanda tangani, Adil Organik sesungguhnya memiliki visi untuk bagaimana dapat menjadi bagian penting dalam mewujudkan ekosistem digital pertanian organik.

 

Tak terasa, obrolan sekitar satu jam setengah berakhir dan ditutup dengan penanda tangan kontrak kerja sama antara Adil Organik Indonesia dengan Koperasi KSU Lestari dalam pembuatan website KSU Lestari. Senyum harapan, untuk dalam dua bulan ke depan telah dapat melihat tampilan website KSU Lestari yang kekinian itu terlihat di wajah para penjuang pertanian organik ini. Mari kita nantikan website kekinian tersebut di akhir bulan April 2023. Semoga. Amin.


- by Rasdi Wangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PinLinkedIn