PinLinkedIn
Telur Ayam  Kampung Organik Peluang Bisnis Organik Terkini

Telur Ayam Kampung Organik di All Fress Bogor

 

Sabtu Pagi, 05 Oktober 2019. Jarum jam masih menunjukkan pukul 9 di kota Bogor namun sengatan mentari pagi telah mulai terasa menyengat. Walaupun masih lebih dingin dibanding Jakarta.  Menikmati week-end di kota Bogor dengan berjalan  kaki  menelusuri jalan Padjajaran dari arah Mall Jambu Dua.

 

Terasanya sengatan mentari pagi ini,   mungkin karena saat ini masih di musim kemarau, meskipun mungkin sudah di penghujungnya,  karena dalam seminggu terakhir ini sudah 3 kali sore hujan membasahi kota Bogor. Langkah kaki ini terhenti ketika melihat tulisan “All fresh” di plang sebuah bangunan disamping Lippo Plaza Bogor.  Terbayang akan melihat berbagai produk yang masih segar terpajang di outlet ini. Naluri seorang yang suka akan dunia pertanian mengerakkan kaki memasuki outlet ini, dugaannya outlet merupakan outlet produk pertanian karena logonya menampilkan gambar buah apel merah dan selembar daun hijau.

 

Salah satu produk yang menarik adalah produk telur ayam kampung yang harganya bervariasi mulai dari Rp 30.500 per 6 butir, 32.000 per 6 butir sampai dengan Rp 40.000 per 8 butir.  Dan yang menarik salah satu produk melabel “telur ayam kampung organik”.  Meski belum terlihat label sertifikasi organiknya yang disyaratkan dalam aturan sertifikasi organik.  Beberapa produk sayuran organik pun terlihat di etalase outlet ini. Meskipun beberapa produk terlihat belum memenuhi syarat aturan perlabelan  yang diatur dalam aturan perlabelan. 

 

Potensi Ayam Kampung Organik di Indonesia


Ayam kampung memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Jumlah populasi ayam kampung yang besar dan hampir dimiliki seluruhpenduduk menandakan bahwa ayam kampung mudah dibudidayakan dengan kondisi iklim yang ada. Ayam kampung memiliki ketahanan yang cukup baik dalam menghadapi iklim yang sulit, seperti musim kemarau yang panjang. Fumihito et al. (2010) dan Pramual et al. (2013) menyatakan bahwa ayam Kampung di Indonesia berasal dari subspesies Gallus gallus bankiva yang berasal dari Lampung, Jawa dan Bali. Ayam yang terdapat di pedesaan Indonesia adalah keturunan ayam hutan (Gallus gallus) yang sebagian telah didomestikasi.

 

Ada berbagai jenis ayam yang dapat dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) merupakan ayam kampung asli hasil inovasi dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Keunggulan dari ayam KUB adalah karakteristiknya sebagai ayam petelur. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan telur ayam kampung di Indonesia. Sumbangan ayam kampung terhadap produksi daging nasional sebesar 8,50% atau sebesar 284.900 ton dan terhadap produksi unggas kontribusinya mencapai 12,86%. Begitu pula produksi telur ayam kampung pada tahun 2017 sebanyak 196.700 ton atau 9,70% terhadap produksi telur secara keseluruhan (Dirjen PKH, 2017). Kontribusi produksi telur ayam kampung terhadap kebutuhan nasional masih sangat rendah (Vokasi IPB, 2022). Produksi telur ayam kampung pada tahun 2017 sebanyak 196.700 ton atau 9,70% terhadap produksi telur secara keseluruhan (Dirjen PKH, 2017). Kontribusi produksi telur ayam kampung terhadap kebutuhan nasional masih sangat rendah.

 

Menurut BPS tahun 2022, populasi ayam kampung atau Buras di Indonesia urutan teratas di miliki oleh Propinsi Jawa Tengah dengan jumlah populasi 40018923 ekor, disusul 5 besar lainnya Jawa Timur sebanyak 3,8 juta ekor, Sulawesi Selatan sebanyak 3,1juta ekor, Jawa Barat sebanyak 2,8 juta ekor dan Jambi sebanyak 1,7 jutaekor.  Sementara kebutuhan telur ayam Ras.

 

Telur Ayam Kampung Organik di Pasar Digital


Di salah satu toko penjual telur ayam kampung organik di Marketplace Tokopedia yang beralamat di Tangerang Selatan (05/2/2023), sebutir telur ayam kampung organik dibandrol dengan harga Rp 2.400,-  dan di toko ini telah terjual lebih dari 10.000 butir.  Dan salah satu produsen di Jakarta Barat membandrol dengan harga Rp 5.500 per butir, telah terjual lebih dari 500 butir.

 

Secara ringkas Tokopedia menginfokan seperti tabel berikut :


Daftar Harga Telur Ayam Kampung Organik Terbaru Februari 2023


Harga Telur Ayam Kampung Organik

Rp2.400

Harga Telur / Telor Ayam Kampung omega / merah / organik

Rp2.500

Harga Telur Ayam Kampung Organic Land (isi 10)

Rp52.000

Harga Telur Ayam Kampung Opera Organic 1 Butir Organik

Rp3.700

Harga Telur Ayam Kampung Organik

Rp43.680

Harga Telur Ayam Kampung OMEGA 10 Pcs / Pack Fresh Grade A Telor Organik

Rp33.922

Harga telor ayam kampung organik

Rp2.400

Harga Happy Hens - Telur Ayam Kampung Organik

Rp46.000

Harga Telur Ayam Kampung Organik -BSP FARM

Rp49.500

Harga Telur Ayam Kampung Organik, Organic Pasture Raised Eggs, keto , isi 6

Rp42.000

Data diperbaharui pada 5/2/2023

 


Telur Ayam Kampung Organik

Ayam Kampung Organik Menurut SNI Sistem Pertanian Organik 6729 2016

 

Prinsip umum Ternak dan produk ternak organik menurut SNI 6729/2016 adalah a) Hewan ternak yang dipelihara untuk produksi pertanian organik harus menjadi bagian integral dari unit usaha tani organik dan harus dikelola sesuai dengan kaidah-kaidah organik dalam standar ini. b) Peternakan mempunyai kontribusi yang sangat penting pada sistem usaha tani organik, yakni dengan cara : 1) Memperbaiki dan menjaga kesuburan tanah dengan cara menyediakan bahan

baku pupuk yang digunakan dalam sistem pertanian organik; 2) Memperbaiki pengelolaan sumberdaya hayati; 3) Meningkatkan keanekaragaman hayati dan interaksi saling melengkapi dalam usaha tani; 4) Meningkatkan diversitas sistem usaha tani

 

Secara khusu terkait dengan Ayam Kampung Organik dijelaskan dalam bagian tentan 3.2.9 Unggas.  DImana disebutkan bahwa a) Unggas harus dibiarkan dalam udara terbuka. Memelihara unggas dalam kurungan/sangkar tidak diperkenankan. b) Tempat tinggal semua jenis unggas harus menyediakan alas yang ditutupi dengan bahan seperti jerami, sekam, serbuk gergaji, pasir atau rumput. Harus disediakan lantai dasar yang cukup sesuai kelompoknya, bagi ayam betina petelur untuk bertelur tempat bertengger yang cukup sesuai ukuran, jumlah dan jenisnya. c) Pemeliharaan unggas, jika panjang hari alami diperpanjang dengan sinar buatan, OKPO dapat memberikan jumlah jam maksimum berdasar spesies, lokasi geografis dan kesehatan ternak. d) Untuk alasan kesehatan di antara bangunan masing-masing jenis unggas harus dikosongkan dan diperkenankan untuk ditanami tanaman.

 

Apakah pelaku-pelaku pemasar ayam kampung organik yang marak di berbagai market place saat ini seperti yang di Tokopedia diatas telah memenuhi standar SNI tersebut dalam rangka melindungi konsumen organik ?  Diperlukan penjaminan atau sertifikasi baik melalui skema PGS maupun skema sertifikasi pihak ketiga.  Salah satu skema PGS Organik yang dapat memberikan layanan untuk itu adalah PAMOR Indonesia Pamor Indonesia – Aliansi Organis Indonesia (aoi.ngo) dan untuk Lembaga Sertifikasi Organik salah satunya adalah PT BIOCert Indonesia. BIOCert Indonesia

 

Akhirnya, dengan segala kekurangannya kita patut memberikan apresiasi kepada para pemasar produk organik  yang telah menjadu bagian penting dalam pembangunan pertanian organik di Indoenesia .  Semoga makin sukses dan makin menguatkan kebijakan produk lokal dan produk pertanian organiknya di Indonesia.

----

By Rasdi Wangsa-Adil Organik Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PinLinkedIn