PinLinkedIn
Aquaculture Produk Organik terfavorit tahun 2022, Menjadi Peluang Terkini di 2023

 

Senin, 02 Januari 2023. Hari kerja pertama di tahun baru ini.  Selamat tahun baru dan semangat baru buat kita ditengah musim penghujan yang masih belum selesai di bulan Januari ini.  Meski cuaca masih dingin, tentunya kita punya cara untuk menghangatkan semangat untk memulai langkah di tahun baru ini.  Secangkir kopi organik  Arabica dari tanah toraja  dan sepotong kue “sorghum brownies” organik dari tanah flores hangat mungkin bisa menghangatkan semangat pagi ini.  Dan ketika jelang siang yang lapar, kita bisa mulai memesan lunch organic dari berbagai UKM organik yang telah mulai banyak membuka outletnya baik offline maupun online.  Era digital marketing dan teknologi informasi telah menjadi keniscayaan di dunia 4.0 bahkan 5.0 saat ini.  Mungkin Ikan dan hasil laut organik yang sedang menjadi trending investasi bisnis saat ini bisa dijajaki melalui paman google.  Sepertinya sudah mulai banyak memulai bisnis organik di sector ini. 

 

Survey online konsumen yang dilakukan Adil Organik Indonesia tahun 2022, dengan responden sebanyak 183 orang. , menemukan bahwa Hasil Perikanan dan Laut Organik menjadi produk organik terfavorit di tahun 2022.  Gambarnya grafisnya seperti terlihat dibawah ini.

 
Konsumsi Pangan Organik
Produk Organik Paling Dipilih

Sementarara untuk produk Susu Organik ditemukan fakta sebagai berikut

Susu Organik

Salah satu indikator dari bergeliatnya bisnis perikanan organik ini adalah melalui pesan whatsapp salah satu pelaku pertanian organik di daerah Cisarua Bogor menginfokan bahwa sahabatnya sedang mencari pengepul ikan Nila Organik yang sudah dibudidayakan secara organik di daerah Tangerang Provinsi Banten. Kapasitas produksinya mencapai 1 ton dengan rata berat ikannya per ekor sekitar 300 gram. Petani ikannya membuka harga senilai Rp 33.000,- per kg.

 

Untuk peluang ekspor hasil perikanan dan laut juga sangat besar. Willem van der Pijl dari Shrimp Insight Belanda memberikan gambaran pasar Uni Eropa (UE) seperti sudah dikupas dalam TROBOS Aqua edisi 101. Dimana, udang dari Ekuador karena mempunyai nilai jual dari udang premium.  Willem menyebut, pemasaran udang organik menunjukan tren positif di Uni Eropa. Terutama di Belanda, udang organik dari Ekuador mendapat tempat di sebagian besar supermarket di Belanda sebagai udang premium. 

Udang Organik

Secara regulasi, Indonesia belum memiliki standar perikanan atau aquaculture organik.  Namun produk-produk tersebut telah dieksport ke luar negeri pasar-pasar organik, termasuk ke negara-negara di eropa.  Kekosongan regulasi ini sepertinya perlu segera diantisipasi oleh pemerintah Indonesia.  Usulan Perikanan Organik ini telah diusung oleh terutama pelaku pertanian organik di Indonesia.  Aliansi Organik Indonesia, telah mengeluarkan draft Standar Perikanan Organik pada tahun 2004 dan telah berupaya untuk menyampaikan kepada pemerintah melalui kementrian pertanian.  Namun hingga saat ini belum ada khabar terkait regulasi tersebut.  Mungkin Kementrian Pertanian dan Kementrian Kelautan dan Perikanan sedang berkonsolidasi dan berkoordinasi untuk menerbitkan regulasi ini yang tentunya mungkin diperlukan koordinasi dengan Kementrian Perdagangan terkait Kode HS untuk eksport produk-produk organik dari Indonesia.  Kode tersebut belum ada sehingga kita dapat menghtung berapa sebenarnya volume eksport produk-produk organik dari Indonesia ke luarnegeri yang sebenarnya sudah cukup besar dan banyak.  Yang mengetahui data ini hanya produsen, eksportir dan lembaga sertifikasi internasional yang beroperasi di Indonesia.

 

Salah satu lembaga sertifikasi organik nasional Indonesia yang telah memiliki akreditasi untuk sertifikasi produk organik dengan tujuan eksport ke Eropa adalah PT BIOCert Indonesia.  Kita dapat meminta BIOCert untuk mensertifikasi produk perikanan organik kita dengan tujuan pasar tersebut,

 

Akhirnya, mari dengan semangat tahun baru ini kita dorong potensi bisnis perikanan organik ini menjadi salah satu motor pengerak bisnis pertanian organik.  Bisnis yang lestari dan berkelanjutan.  Yang tertarik untuk mengembangkan dan bekerja sama untuk mengembangkan bisnis pertanian organik di Indonesia, Bagaimana menyiapkan model bisnis dan tahapan persiapan-persiapannya, mari kita berdiskusi dan bekerja sama. Silahkan hubungi kami di careadilorganik.co.id atau www.adilorganik.co.id dapat langsung menghubungi hp/whatsapp kami : 081219850163

Udang Organik Kalimantan Tengah

Foto Udang Organik Desa Kubu, Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Credit by Rasdi Wangsa 2020

One thought on “Aquaculture Produk Organik terfavorit tahun 2022, Menjadi Peluang Terkini di 2023

  1. Setuju. Sudah saatnya kita mengembangkan potensi produk perikanan dan kelautan kita yang sangat besar. Orang luar telah berlomba-lomba untuk berinvestasi di sektor ini, dan bahkan paten atas inovasi untuk perikanan dan kelautan meningkat pada 5 tahun terakhir ini. Dan sebagian besar dimiliki oleh bukan orang Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PinLinkedIn